Selasa, 09 Oktober 2012

Mengatasi Sengatan Ubur-Ubur

Hari ini Ahad, 15 Juli 2012 ada acara liburan ke pantai Gunung kidul .  Salah satu pantai yang saya datangi adalah pantai Kukup , DISINILAH PENGALAMAN TERSENGAT UBUR-UBUR.  Seekor ubur-ubur melengketkan tentakelnya yang panjang berwarna biru ke daerah kaki saya. Dan hasilnya ini yang baru saja saya alami, seperti tersengat listrik (read: kesetrum) sesegera mungkin diberi minyak kayu putih, karena kurang pengalaman jadi kita biarkan diobati dengan minyak tersebut. Dan akan saya jelaskan cara cepat mengatasi sengatan ubur-ubur warna biru :

1.     Setelah merasakan tersengat ubur-ubur segeralah tentakle dibersikan dengan cara di bersikkan diair pantai saat itu juga, jangan sampai Anda menghilangkannya dengan menyentuhnya dengan tangan.
Add caption
2.     Segeralah ke bibir pantai untuk mencari pertolongan.
3.     Segera ikat daerah yang terkena sengatan dengan kain atau alat/bahan seadanya untuk menyumbat aliran darah agar racun tidak tersebar luas ke tubuh.
4.     Kompreslah daerah yang terkena sengatan ubur-ubur tersebut dengan air panas.
5.     Segeralah minum kopi susu sangat panas dengan gula yang lebih (nasihat orang deket pantai) dan minum air kelapa untuk meminimalisir racun di dalam tubuh.
6.     Istirahatlah, dan tahanlah rasa sakit yang Anda rasakan.
7.     Palinng tidak rasa sakit yang berlebihan akan turun setelah kira-kira 1 jam.
8.     Teman Anda harus memberi semangat agar teman Anda yang sedang kesakitan tetap bertahan dan tidak pingsan.
9.    Untuk meminimalisir, berjemurlah di paparan sinar matahari dan oleskan minyak yang panas. Misalnya gandapura atau minyak kampak.
Hati-hati di pantai ya, banyak ubur-ubur apalagi pada bulan Juli sampai bulan Agustus adalah musim ubur-ubur. (salah satu mayarakat pantai)
Efek yang saya rasakan antara lain adalah sakit pada kaki yang tersengat begitu panas dan jika disentuh sakit sekali, efek pertama kaki, racun akan naik ke daerah Coxae (pinggul) dan pada puncaknya di perut sangat sakit sekali seperti kram perut dan di femur (paha) juga terasa sakit sekali. Saat itu tadi saya sakit selama 1,5 jam dan setelahnya menurun, dan saat ini (malam ini) sakit masih berada di kaki kiri saya, sekali,
Dan jangan sekali-kali bermain dengan tentakle ubur-ubur, hati-hati bermain di pantai y..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar